10 Cara Supaya Blog Sepi Pengunjung Menjadi Ramai

Berikut adalah beberapa tips dan cara supaya blog sepi pengunjung menjadi ramai yang dapat dilakukan oleh blogger pemula.
Suikolabs
Cara Supaya Blog Sepi Pengunjung Menjadi Ramai

Blog sepi pengunjung adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para blogger. Terlepas dari jenis blog yang dimiliki, baik itu blog pribadi, bisnis, atau profesional. Memiliki pengunjung yang sedikit dapat menyebabkan kita frustrasi jika kita sudah mengurusnya dengan susah payah namun pengunjung yang datang masih saja sedikit.

Namun, perlu diingat bahwa ini adalah masalah umum yang sering terjadi dikalangan blogger, dan hal ini dapat diatasi dengan cara yang tidak terlalu sulit. Lalu bagaimana caranya supaya blog sepi pengunjung menjadi ramai? dan apa efeknya terhadap blog kita?

Efek blog sepi pengunjung

Blog sepi pengunjung dapat berdampak negatif pada pemilik blog, terutama dari segi pendapatan dan popularitas blog. Namun, ada beberapa dampak lain yang harus dipertimbangkan juga.

  • Pertama, malas update. Saat blog sepi pengunjung biasanya kita sebagai pemilik blog atau website akan merasa sangat malas untuk mengupdate konten karena dirasa apa yang kita lakukan itu seperti sia-sia saja.
  • Kedua, pendapatan dari blog akan menurun jika pengunjung yang datang berkurang. Hal ini dikarenakan kurangnya pengunjung yang melakukan klik iklan atau melakukan transaksi melalui blog tersebut.
  • Ketiga, blog akan kurang dikenal oleh masyarakat jika pengunjung yang datang sedikit. Blog yang sepi pengunjung akan kurang efektif dalam menjangkau target audience dan mencapai tujuan dari pembuatan blog tersebut.
  • Keempat, kurangnya interaksi dengan pengunjung akan menyebabkan kurangnya masukan dan kritik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas blog. Pengunjung yang datang ke blog adalah sumber utama masukan dan kritik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas blog. Jika pengunjung yang datang sedikit, maka kualitas blog kita bisa dipastikan kurang berkualitas.
  • Kelima, sulit untuk memonetize iklan. Nah hal ini adalah yang paling sering dipermasalahkan untuk para blogger. Susahnya mendapatkan trafik sudah pasti sulit untuk memonetize blognya supaya blog yang dimiliki mendapatkan penghasilan melalui media iklan maupun endorse.

Lalu bagaimana caranya supaya blog sepi pengunjung menjadi ramai? Perlu diketahui untuk mendapatkan banyak pengunjung, membuat banyak artikel saja tidak cukup, justru jika kita terlalu banyak membuat artikel tanpa memperhatikan hal berikut ini malah akan membuat kita cape sendiri. Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan agar usaha kita tidak sia sia?

Mengatasi Blog Sepi Pengunjung


1. Buatlah Artikel Yang Unik Dan Menarik

Yang pertama adalah artikel yang unik dan menarik. Siapa coba yang tidak tertarik dengan artikel menarik? dengan membuat artikel unik dan menarik para pengunjung akan mulai terpikat dengan artikel yang kita buat apalagi jika semua artikel yang kita buat adalah atikel yang memiliki konten original dan kualitas yang enak dibaca, sudah dipastikan sang pengujung pasti akan mulai melirik artikel serupa yang kita buat untuk melihat-lihat.

Selain itu buatlah artikel yang tidak terlalu pendek, minimal 300 kata saja, karena banyak informasi yang beredar bahwa google menyukai artikel yang panjang dan juga konten yang unik yang mengundang interest pengunjung, dan semakin panjang artikel yang dibuat akan semakin bagus, tapi perlu diingat konten yang dibuat tidak asal panjang tapi juga harus berbobot dan memiliki nilai karena sebenarnya yang menilai artikel kita bagus atau tidaknya bukanlah google namun sang visitor yang berkunjung ke blog kita.

2. Nama Blog Mudah Diingat

Setelah pengunjung kepincut dengan artikel yang kaya akan kualitasnya otomatis saat ingin mampir ke blog kita mereka harus menuliskan alamat blog kita, nah supaya sang pengunjung selalu mengingat nama blog kita buatlah nama yang mudah diingat dan terdengar simple.

Coba bayangkan jika nama blog kita terlalu panjang dan juga susah diingat, sudah pasti sang pengunjung yang akan mampir kembali akan sangat sulit untuk mengingatnya. Ini juga termasuk salah satu poin penting yang sering kali terabaikan atau bahkan diabaikan oleh para blogger.

3. Kelengkapan Konten

Selain membuat artikel dengan banyak kata, kelengkapan konten juga harus diperhatikan, coba bayangkan jika kita mampir ke sebuah blog namun informasi yang kita dapatkan hanya setengah setengah atau yang lebih parahnya adalah yang kita cari malah tidak ketemu.

4. Blog Harus Rapih, Responsive Dan Juga Fast Loading

Point ke empat ini menurut saya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, pasalnya blog yang responsive dan fast loading adalah sebuah keharusan yang wajib dimiliki oleh semua website yang diwajibkan oleh algoritma google yang bernama Mobilegeddon.

Algoritma ini dibuat oleh google karena maraknya pengguna internet melalui perangkat mobile semenjak HP Android diluncurkan. Untuk kenyamanan berselancar di internet, algoritma ini dibentuk dan mewajibkan para pemilik website untuk membuat tampilan webnya menjadi fast loading dan juga responsive.

Ditambah lagi jika blog kita sudah fast loading dan juga responsive blog yang rapih akan menjadi nilai plus, karena pengunjung blog rata-rata akan menilai juga seberapa rapih artikel yang dibuat dan juga tampilan yang akan dikunjungi. Jadi perhatikan juga point nomer empat ini supaya pengunjung menjadi semakin betah mampir ke blog kita.

5. Membuat Konten Yang Relevan Dengan Judul

Nah hal ini nih yang seringkali membuat pengunjung kesal, sudah cape-cape searching dan menghabiskan sebagian kuota internet tapi saat mengunjungi situs yang dituju artikelnya malah ga nyambung dengan judul artikelnya, Judul artikelnya membahas "cara membuat pisang keju" tapi pas dibuka isinya malah "cara membuat pisang coklat".

Buat yang sedang memiliki banyak kuota hal ini mungkin tinggal close tab saja dan cari artikelnya di blog yang lain, tapi buat yang sedang kuotanya mepet hal ini bikil kesel banget, jadi pastikan kita selalu membuat artikel yang relevan dengan judul supaya tidak kehilangan banyak pengunjung.

6. Pemilik Blog Yang Ramah Dan Aktif Membalas Komen

Selain selalu membuat dan update artikel terbaru, pemilik blog yang ramah dan juga aktif membalas komen dari para pengunjungnya juga tidak kalah penting. Coba bayangkan jika kita bertanya pada sang pemilik blog namun tidak kunjung dibalas oleh ownernya tentang masalah blog yang kita hadapi yang kebetulan kita temukan diartikel blognya. Otomatis kita akan mencari diblog yang lain yang memiliki respon baik dari pemiliknya supaya masalah yang kita hadapi cepat terselesaikan.

Ditambah lagi jika kita ramah pada pengunjung, mungkin dari sekian banyak pengunjung yang mampir akan mempromosikan blog kita pada temannya karena mendapat respon yang baik dari sang pemilik blog, jadi mulai sekarang jangan segan untuk membalas komentar yang masuk di blog kita.

7. Buat Pengunjung Nyaman Dan Betah Berlama-Lama Di Blog Dan Jangan Memasang Iklan Popads

Iklan yang muncul dengan tiba-tiba saat lagi scrolling artikel adalah salah satu hal yang bikin bt selain blog yang kita kunjungi memiliki kecepatan yang seperti keong. Apalagi jika kita mampir ke sebuah blog yang memiliki kecepatan yang sangat lambat memasang banyak iklan popads/ iklan yang tiba-tiba muncul sendiri, pasti sangat kesel kan.

Gimana ga kesel, sudah susah payah menunggu loading blog supaya artikelnya muncul, eh malah banyak iklan yang tiba-tiba keluar yang tak jarang me-reload halaman artikel yang sedang kita baca.

Hal inilah yang harus dihindari oleh para pemilik blog, pastikan pengunjung senyaman mungkin untuk datang dan betah berlama-lama membaca artikel kita supaya makin banyak pengunjung yang merekomendasikan blog kita pada orang lain tentang konten yang kita miliki.

8. Mengevaluasi Konten Blog Yang Kita Miliki

Sebagai pemilik konten kita harus mengevaluasi konten blog yang kita miliki. Apakah konten kita sudah berkualitas dan relevan dengan topik blog yang dimiliki? Apakah kita menyediakan konten yang bermanfaat bagi pembaca? Jika tidak, maka kita perlu meningkatkan kualitas konten supaya pengunjung tertarik untuk mengunjungi blog kita.

9. Pelajari SEO

Hal yang biasa di abaikan oleh blogger pemula yang ingin blog atau situsnya memiliki banyak pengunjung biasanya adalah malas mempelajari SEO. Padahal SEO adalah salah satu penunjang dan faktor paling penting bagaimana blog kita bisa dikunjungi oleh banyak orang.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu SEO Dan Hubungannya Dengan Traffic Website

10. Bagikan Ke Jejaring Sosial

Yang Terakhir adalah bagikan artikel yang kita buat ke berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Telegram, G+ dan lain sejenisnya supaya orang-orang mengetahui artikel yang kita buat.

Nah itulah sedikit tips dan cara supaya blog sepi pengunjung menjadi ramai versi Suikolabs. Buat kamu yang punya tips atau cara lain yang lebih efektif jangan lupa bagikan tipsnya di kolom komentar ya.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.