10 Kesalahan Umum Yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Kesalahan blogger pemula ini harus kamu hindari supaya blog yang dimiliki memiliki banyak traffic
Suikolabs

Blogger Pemula

Dalam dunia blogging tidak ada aturan mutlak yang harus kita tempuh. Kita bebas menuangkan apa saja yang ada di dalam isi kepala kita menjadi sebuah tulisan asal tidak melanggar hukum. Namun berbeda halnya jika target kita ingin memiliki blog yang bisa menghasilkan banyak uang.

Ada banyak hal yang harus kita tempuh dan perlu dipertimbangkan, mulai dari pemilihan tema, desain, hingga strategi promosi. Bagi pemula di dunia blogging, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dan harus dihindari agar blog yang dibuat dapat sukses. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh pemula di dunia blogging.


10 Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Blogger Pemula


1. Tidak memiliki tujuan yang jelas

Sebelum memulai sebuah blog, pastikan kita memiliki tujuan yang jelas, seperti ingin membuat blog tentang apa, dan apakah kita memiliki minat dan ilmu tentang tema yang dimuat di dalam blog kita nantinya. Sehingga kita tidak bingung harus berbuat apa dan memiliki motivasi dan semangat dalam mencapai tujuan yang telah kita buat.

2. Membuat konten diluar keahlian

Sebagai penulis yang baik sudah seharusnya kita mengerti apa yang kita tuangkan kedalam tulisan itu adalah hal yang kita kuasai. Jangan sampai karena menginginkan banyaknya visitor dan traffic blog yang tinggi kita membuat artikel diluar keahlian.

Misalnya kita tidak ahli dalam hal dunia kesehatan, namun kita memaksakan membuat berbagai artikel mengenai tentang kesehatan. Hal ini bisa berakibat fatal jika informasi yang kita sampaikan tidak akurat.

3. Tidak memiliki strategi promosi yang jelas

Sebaik apapun konten yang dibuat, jika tidak ada yang membacanya, maka blog tidak akan berkembang. Buatlah strategi promosi yang jelas agar blog dapat dilirik oleh lebih banyak orang dengan cara membagikan artikel yang dimiliki ke dalam grup atau forum yang membahas topik yang sama.

4. Tidak rutin mengupdate konten

Blog yang tidak rutin diupdate akan cepat terlupakan oleh pengunjung dan terkadang saat google mengupdate algoritmanya bisa saja artikel yang kita buat sebelumnya sudah tidak relevan dengan keadaan sekarang. Jadi buatlah jadwal update yang teratur agar pengunjung tetap terhubung dan mengingat blog kita.

5. Tidak memperhatikan SEO

Jangan lupa juga untuk mengoptimalkan blog yang kita miliki dengan SEO agar mudah di index oleh google dan mesin pencari lainnya. Ini akan membantu blog yang kita kelola muncul lebih tinggi di hasil pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.

6. Terlalu sering mengganti template

Memiliki template yang menarik dan juga cantik memang menarik untuk dilihat mata, tapi perlu diingat juga bahwa seringnya mengganti template itu sebenarnya tidak baik. Karena fokus kita nantinya hanya akan tertuju pada tampilan blog dan malah mengabaikan isi konten di dalamnya.

7. Tidak memperhatikan ejaan dan tata bahasa

Jangan lupa untuk memperhatikan ejaan dan tata bahasa dalam menulis konten. Terkadang ada hal yang kita tulis bisa saja tidak dimengeri oleh orang lain, jadi pastikan poin yang kita sampaikan itu bisa dimengerti oleh para pembaca agar blog kita terlihat lebih profesional.

8. Tidak memiliki konsistensi dalam menulis

Konsisten dalam menulis artikel juga penting. Jangan sampai blog yang kita miliki terbengkalai tidak memiliki kejelasan dalam mengupdate artikel. Pastikan untuk selalu menyuguhkan artikel dalam seminggu sekali misalnya agar para pengunjung tau jika blog kita itu aktif.

9. Semangat di awal

Adakalanya kita dalam mengurus blog itu sangat menggebu-gebu ingin sekali memposting banyak hal kedalam blog sampai-sampai lupa untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Ketahuilah bahwa rasa semangat itu tidaklah terus ada.

Suatu saat kita juga akan merasa lelah, jenuh dan malas untuk mengurus segala sesuatu tentang web atau blog yang kita miliki. Pastikan untuk menjaga kesehatan mental dan fikiran supaya otak kita menjadi fresh, jangan sampai kita hanya semangat di awal dalam membangun blog namun setelah semangat itu menurun kita menjadi malas mengurusnya. 

10. Tidak mengutamakan kualitas konten dan berfokus pada jumlah artikel

Konten adalah raja dalam dunia blogging. Jangan sampai apa yang kita tulis hanya berfokus pada kuantitas atau jumlah artikel yang banyak. Perlu diingat sejatinya pengunjung mampir ke dalam sebuah blog adalah karena info apa yang ia cari ada di dalamnya berkualitas dan bermanfaat bagi dirinya.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.